Tayangan halaman minggu lalu

Selasa, 12 Mei 2015

[REVIEW] Monstar (몬스타) (Korean Drama)


Tentang Drama :
Judul                     : Monstar (몬스타)
Sutradara            : Kim Won-Suk
Penulis                 Kim Tae-Hee
Penayang            MnettvN
Episode               : 12
Waktu tayang     17 Mei – 2 Agustus 2013, setiap Jumat pukul 21:50 Waktu Korea
Bahasa                : Korea
Negara                :  Korea Selatan
Pemain                :
  1.   Yong Jun hyung – Yonn Sul chan
  2.   Ha Yeon Soo – Min Se Yi
  3.   Kang Ha Neul – Jung Sun Woo
  4.   Ahn Nae Sang – Han Ji Woong
  5.  Kim Min Young – Sim Eun Ha
  6.  Park Kyu Sun – Cha Do Nam
  7.  Kang Ui Sik – Park Kyu Dong
  8.  Da Hae – Kim Na na
  9.  Moon Yung Suk – Ma Joon Hee
  10.    Kim Yoo Hyun – Ma Hyo Rin
  11. Yoon Jong Hoon – Shin Jae Rok
  1. Lee Hee-Jin - Dok Ko-Soon
  2. Kim San-Ho - Choi Joon-Koo
  3. Kim Sun-Kyung - Choi Kyung (Ayah Se Yi)
  4. Jo Jae-Yun - Manager Hong
  5. Kim Hee-Won – Presdir Manajemen Ko
  6. Natthew - Nawin Tamarat
  7. Lee Doll-Hyung – Kepala sekolah
  8. Lee Joo-Yeon - A-Ri
  9. Kim Jae-Heung – Guru Matematika
  10. Kim Ye-Ryeong – Ibu Sul Chan
  11. Kim Young-Ho - Min Gwang-Ho (Se-Yi's father)
  12. Ryoo Hye-Rin – Fans Sul-Chan
  13. Ko In-Beom – Ayah Nana
  14. Lee Sung-Min – Sutradara film
  15. Kim Young-Hee – guru sastra
  16. Kim Young-Jae - PD Byeon Hee-Soo
  17. Kim Ji-Soo – khayalan Min Se-Yi
  18. Ko Chang-Seok – Pelatih Judo Do-Nam
  19. Nam Ji-Hyun - Stellar
  20. No Min-Woo - Daniel Park
  21. Park Ji-Woo - Yoon Sul-Chan (muda)
  22. Kim Cho-Eun - Min Se-Yi (muda)
  23. Yoon Chan-Young - Jung Sun-Woo (muda)
  24. Kim Ye-Rim - Choi Kyung (muda)
  25. Jung Joon-Young - Han Ji-Woong (muda)


Sinopsis :
     Yoon Sul Chan (Yong Junhyung), salah satu member “Man in Black”. Sifatnya yang kaku menyebabkan masalah dengan agensi dan fans  sehingga dia dihukum kembali ke SMA untuk melanjutkan sekolah secara “Normal”. Disanalah kemudian dia bertemu dengan teman-teman dari latar belakang yang berbeda. Diantara teman-teman itu ada wanita yang kemudian ia sukai, Min Se Yi (Ha Yeon-Soo), Ada juga teman masa kecil, Jung Sun woo (Kang Ha-Neul). Meski awalnya tidak akur karena masalah pribadi yang menghalangi perasaan mereka namun dengan kekuatan Musik mereka dapat bersatu, belajar memahami satu sama lain, bahkan saling mengobati luka masa lalunya.

Review :
                Drama ini memiliki judul yang unik, pelafalan mirip “Monster” tapi dimodifikasi menjadi “Monstar”. Monster sendiri sebenarnya merupakan bentuk karakterisasi dari tokoh dalam drama bersikap seperti monster, mulai dari kaku, pemarah, pendendam dan sebagainya. Star sendiri merupakan sisi lain tentang mereka yang sempurna, dipuja dan diidamkan. Kedua hal tersebut memang begitu bertolak belakang, namun hal itu berlaku pada banyak orang. Jadi judul drama ini seperti menggambarkan tokoh-tokoh tersebut dalam dua sisi, sisi pertama Mon, akronim dari Monster untuk menunjukkan sikap buruk, dan Star yang menggambarkan sisi baik. Judul drama ini merupakan bagian dari tema yang digunakan, yakni dua sisi manusia yang berbeda, namun dapat terhubung oleh sebuah jembatan yaitu Musik. Konflik dan musik sangat berkaitan dalam setiap bagian cerita, seakan-akan tidak ada cerita tanpa musik didalamnya. Musik inilah jembatan yang kemudian mampu menggabungkan Mon dan Star menjadi satu nama, yakni “Monstar”.
                Alur drama ini maju atau linier, tidak terlalu rumit juga, karena memang alur cerita yang juga sederhana, sehingga alur ini memang lebih cocok dibanding alur lain. Meskipun kisah drama ini sederhana, bukan berarti kisahnya monoton dan tidak menarik, kisah boleh sederhana, namun konflik yang ada cukup kompleks, sehingga mampu menarik perhatian penonton untuk terus menyaksikan tiap bagian drama hingga akhir. Setting pun dibuat dengan baik sehingga benar-benar nyata seperti aslinya dan mendukung karakterisasi tokoh itu sendiri.
                Konflik dibuat dengan sangat unik, meski cerita dibuat sederhana dan umum, namun konflik yang ada sangat kuat. Konflik tentang cinta segi “banyak” ini memang unik, Yoon Sul Chan menyukai Min Se Yi, Min Se Yi disukai Jung Sun Woo, Jung Sun Woo disukai Kim Nana, Sim Eun Ha tentu sebagai Fans tak mau kehilangan Yoon Sul Chan, tampak rumit, namun saat menonton drama tidak tampak ada kesulitan memahami cerita, kemampuan mengemas cerita dalam bentuk drama, termasuk penulisan naskahnya memang patut diacungi jempol. Selain itu, karakterisasi tokoh yang kuat juga tampak dari kemampuan bermusik tokohnya, meski tidak semua pemain adalah musisi, namun mereka mampu memainkan peran seakan mereka benar-benar pandai bermain musik, poin tambahan untuk drama ini layak diberikan mengingat musik yang dimainkan bukanlah musik yang sederhana, beberapa alat musik dan instrumen musik cukup rumit untuk dimainkan, kesesuaian nada dalam bernyanyi juga diperlukan, hebatnya mereka mampu melakukan dengan baik sehingga perlu dijadikan poin tambahan.
                Karakterisasi yang kuat juga terasa, ada beberapa lagu yang mereka nyanyikan masih terasa terdengar nyaman di telinga meski telah diulang-ulang. Hal ini menunjukkan kemampuan, latihan, dan seluruh perangkat teknis memang sangat mendukung untuk hal ini. Drama ini telah benar-benar mampu menjadikan musik sebagai roh dari drama. Meskipun demikian, dari sisi teknis memang ada sedikit “jumping” karena ada perubahan seragam siswa, memang di Korea ada jenis seragam tertentu di musim tertentu, namun karena setting kurang mendukung dan dari tokoh sendiri tidak menjelaskan secara implisit sehingga nampak seperti jumping. Selain itu ada beberapa scene yang mengalami jeda antara visual dan audio, jadi secara visual sudah nampak berbicara namun suaranya baru keluar beberapa detik kemudian sehingga kurang nyaman ditonton
                Drama yang sederhana, namun memiliki pesan yang kuat. Musik sebagai penghubung, sebagai jembatan. Maksudnya jangan terlalu menjaga diri pada satu sisi saja, namun kita juga harus melihat sisi lain diri kita, bisa saja hal tersebut membantu kita mengatasi masalah yang kita hadapi. Drama ini juga menekankan keberanian berekspresi. Banyak orang takut berpendapat karena salah, banyak orang takut tampil karena tidak percaya diri, drama ini menunjukkan bahwa kita tidak boleh takut berekspresi, karena dengan kita berani menunjukkan diri kita, orang akan tahu siapa kita sebenarnya. Jika kita tidak menunjukkan diri kita yang sebenarnya, orang lain bisa saja menganggap kita bukan diri kita, tapi orang lain yang bahkan sama sekali tidak mirip dengan kita. Jadi, beranilah berekspresi, jadikanlah ekspresi bagian hidup, bisa melalui musik seperti dalam drama ini, atau melalui hal lain yang kalian mampu. Film ini cocok kalian yang menyukai musik dan ingin mengetahui apa makna musik bagi diri kita dan orang lain, Semoga hari kalian menyenangkan.


Sumber foto dan tentang drama diambil dari Asianwiki

1 komentar: